Kamis, 06 Juni 2013

zoologi invertebrata


INVERTEBRATA (PORIFERA)
A.    Pengertian
Tubuhporiferamasihdiorganisasipadatingkatseluler, artinyatersusunatassel – sel yang cenderungbekerjasecaramandiri, masihbelumadakoordinasiantaraselsatudengansellainnya. Kata “Porifera” berasaldari kata Latin, pori = lubang – lubangkecil + faro = mengandung,membawa. Kata tersebutmenunjukkankekhususanhewan yang bersangkutan, yaitu :memilikibanyaklubang – lubangkecildanbiladisingkatcukupdisebut: Hewanberpori – pori. Biladibandingkandengansusunantubuh protozoa makasusunantubuhporiferaadalahlebihkompleks.Sebabtubuhnyatidaklagiterdiriatassel, tetapitelahtersusunatasbanyak sel. OlehkarenaitubeberapaahlimemasukkanPorifaeradalamkelompokhewan metazoan, walaupundalamtingkatrendah.
Poriferamerupakanfilumantara Protozoa danCoelenterata.KesukarandalammenghubungkandenganMetazoasebenarnyaadalahpadasejarahembrional yang khusus. AtasdasaritulahPoriferadigolongkandalamkelompokParazoa (para = disamping) atauhewansampingan. Padaumumnya phylum Poriferahidup di air laut, yaitutersebaratauterbentangdarisejakdaerahperairanpantai (tide) yang dangkalhinggadaerahkedalaman 5,5 km. Familia yang hidup di aitawarbiasanyatermasukpadaFamiliaSpongilliade.
Fasedewasabersifatsesil, artinyamenetappadasuatuobyek yang keras yang dipakaisebagaitambahan, misalnyabatu – batuan, kayu – kayu yang tenggelam di dalam air danadajuga yang melekatpadacangkokhewan – hewanmollusca.Antarabagiantubuhutamanyadengantambatandihubungkanolehtangkaiataupadenkula yang dibagianproksimalmengadakanpelebaransebagaibentukcakramataubentuk yang menyerupaiakar. Bentuktubuhsangatbervariasi, yaituada yang menyerupaikipas, jambanganbunga, batang, globular, genta, terompetdanlainnya; hewanporiferasebagianbesarmembentukkoloni yang seringtampaktidakteratur, sehinggatampaksepertitumbuhan.
Porifera belum mempunyai organ, simetri tubuh, sel-sel pengindra, sel saraf, saluran pencernaan., jaringan saraf maupun mulut. Tubuhnya tidak bisa bergerak secara dan melekat di dasar perairan (sesil). Kerangka tubuhnya kuat yang tersusun dari zat kapur, silikat, atau spongin. Mereka mempunyai daya regenerasi yang tinggi, artinya mampu menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang (rusak). Sehingga, jika hewan ini dipotong menjadi empat bagian, maka akan terbentuk empat hewan porifera baru.

B.     StrukturTubuhporifera
a.       Oskulum : saluran penyebaran air dari tubuh. Tempat air keluar dari spongiosel.
b.      Ostiumatauapurturea :lubangkeciltempatmasuknya air kedalamtubuh. Lubangpadaporosit.
c.       Paragaster atau spongiosel : saluran yang terdapat di bagian tengah tubuh. Ruang kosong di dalam kantong.
Dindingtubuh yang tersusunatas :
1.      Pinakosit : selpelapistubuhbagianluar, lapisansel-sel yang berbentukpipih
2.      Porosit : sel berlubang yang di dalamnya terdapat ostia.
3.      Miosit :selotot yang mengelilingiporositdanoskulum. Berfungsiuntukmembukadanmenutupselporositdanoskulum. Jikamiositmengeut, makaselporositdanoskulumakanmenutup.
4.      Koanosit :selpelapisdindingspongioseldanberfungsiuntukmencerna  makanansecaraintrasel. Padaujungselterdapatflagela, sedangkanpadabagianpangkalterdapatvakuola.
5.      Amebosit :selpenghasilmatrikspadalapisantengahtubuh. Seliniberfungsiuntukmengedarkanzatmakanandandapatberubahfungsimenjadi ovum dansperma.
6.      Skleroblas :selpenghasilspikula yang berfungsisebagairangkatubuh.

C.    System reproduksi
·         Secaraaseksual
Pembentukankuncup.kuncupdapatdilepaskanatautetapmelekat,hinggamenjadisatukelompok yang besar.Gummuledihasilkanmenjelangmusimdingin.
·         Secraseksual
Reproduksisecaraseksualdilakuakandengancarapembentukangamet(spermadan ovum). spermadihasilkanolehkoanositdan ovum larva berenangÞdihasilkanamoebosit. kemudianmenghasilakanzigotsetelahdewasamenjadiporiferadewasa(sesil)Þbebas.

D.    System pencernaan
Sistempencernaan
Gerakanflagelapadasellehermenyebabkanaliran air masukdariostiummembawaoksigen(O2) danmakananberupaplankton.makanankemudianditangkapolehsel-selleherkemudiandicerna di dalamvakuolamakanan.setelahdicernakemudian di angkutolehselamoebosituntukdiedarkankeseluruhtubuh.sisamakanan yang tidakbergunadikeluarkanselleherbersamaaliran air dalamtubuhnya.


E.     Porifera dapat dikelompokkan berdasarkan tipe saluran air maupun jenis zat penyusun rangka tubuh.
1.      Tipe saluran air
a.       Tipe Askon : sistem saluran air yang paling sederhana, secara berurutan terdiri atas ostia, spongiosel, dan oskulum. Contohnya: Leucosolenia dan Clatharina blanca.
b.      Tipe Sikon : saluran airnya meliputi ostia, saluran radial yang tidak bercabang, spongiosel, dan oskulum. Contohnya : Pheronema sp., Schypa, dan Sycon gelatinosum.
c.       Tipe Leukon (ragon) : tipe terumit. Salurannya terdiri atas ostia, saluran radial yang bercabang-cabang, spongiosel, dan oskulum. Contohnya: Euspongia officinalis dan Euspongia mollissima.

2.      Jenis Zat Penyusun Rangka Tubuh
a.       Kalkarea : tubuhnya tersususn dari zat kalsium karbonat (kapur), memiliki ukuran tubuh kecil, dan hidup di laut dangkal. Contohnya : Klathrina blanca dan Sycon gelatinosum.
b.      Heksaktinelida : memiliki rangka tubuh dari zat silikat. Contohnya : Pheronema sp.
c.       Demospongiae : ada yang tidak mempunyai rangka atau mempunyai rangka dari serabut spongin (zat tanduk), dan ada juga yang tersusun dari serabut spongin dan zat silikat. Contohya: Euspongia officinalis, Euspongia mollisima, dan Spongila carteri (rangka dari spongin), Poterion dan Oscarella sp. (tanpa rangka tubuh), serta Corticium candelabrum (rangka dari spongin dan silikat).
d.      Berikut ciri – ciri Porifera

Ciri-cirimorfologinyaantaralain:
o   Tubuhnyaberpori (ostium)
o   Tubuhporiferaasimetri (tidakberaturan), meskipunada yang simetri radial.
o   Berbentuksepertitabung, vas bunga, mangkuk, atautumbuhan.

Ciri-cirianatominyaantara lain:
o   Memilikitigatipesaluran air, yaituaskonoid, sikonoid, danleukonoid.
o   Pencernaansecaraintraseluler di dalamkoanositdanamoebosit.
F.     Klasifikasiporifera
Berdasarkanbahanpenyusunspikulaporiferadibedakanmenjadi3 :
1.      Calcarea :Berasaldari kata calcare yang berartikapur.calcareamerupakanporifera yang spikulanyatersusundarikalsiumkarbonat.
2.      Hexactinillida :Berasaldari kata hexa yang berartienam.hexactillidamerupakanporifera yang spikulanyatersusundarisilika yang padaujungspikulanyaberjumlahenamsepertibintang.
3.      Demospongiae :Berasaldari kata demo yang berartitebaldanspongiae yang berartispons.demospongiaemrupakanporifera yang spikulanyatersusundaridariserabutspongin.
G.    Perananporifera

      Banyak spesies mengandung zat-zat beracun, mungkin untuk mencegah predator. Digunakan hewan laut tertentu dengan menempatkan spons dewasa spons pada tubuh mereka untuk mencegah predator.
      Dapat dimanfaatkan sebagai penggosok ketika mandi ataupun mencuci dan pembersih kaca. Selain itu, dapat juga dimanfaatkan sebagai hiasan yang ada pada akuarium.
      Beberapa bahan kimia ini telah ditemukan memiliki efek farmasi bermanfaat bagi manusia, termasuk senyawa untuk obat pernapasan, kardiovaskular, gastrointestinal, anti inflamasi, antitumor, dan antibiotik.
      Porifera juga menyediakan rumah untuk sejumlah tanaman laut kecil, yang hidup di dalam dan di sekitar sistem pori mereka.
      Beberapa porifera menggali permukaan hewan karang dan moluska, kadang-kadangmenyebabkan degradasi yang signifikan pada hewan karang dan kematian dari moluska.





INVERTEBRATA (PORIPERA)
StandarKompetensi                : Memahamimanfaatkeanekaragamanhayati
KompetensiDasar                    : Mendiskripsikanciri-cirifilumdalamduniadanperanannyabagikehidupan
Tujuan                                     : Mengindentifikasiciri-ciri ,klasifikasisertaperananPoriferabagikehidupan
Kegiatan                                  :

1.      Sebutkanlahbagian-bagian yang ditunjukpadagambar di bawahini !
3


5

4
2

6

1
1)      koanosit
2)      Matriks (sponging)
3)      Spikula
4)      Pori (oskum)
5)      Amoebosit
6)      Pinakosit

2.      Isilah table di bawahinimengenaiciri-cirikelasporifera !

No
Ciri-ciri
Calcarea
hexatinelida
Demospongia
1
Rangka
    Memilikikerangkatubuhberupaspikulaberbentukjarumdarizatkapur / kalsiumkarbonat (CaCO3)

v Memilikikerangkatubuhberupaspikuladarizatsilikat (zatkersik)

Ø  Memiliki rangka yang tersusun dari serabut spongin.

2
Habitat
         Hidup di lautdangkal

·         Hidup di lautdalam
Ø  di laut dalam maupundangkal, meskipun ada yang di air tawar.

3
Cara hidup



4
Reproduksi



5
Tipe-tipesaluran air
tipesykon
Tipesykon
      Sistemsaluranrumit

6
Contoh
·        Sycon
·        Clatharina
·        Scypha
·        Grantia
      Pheronema
      Euplectella
      Hyalonema
      Aspergillum
    Euspongia
    Spongilla
    Cliona
    Microciona

3.      ApakahdasarklasifikasiPorifera, sebutkankelas-kelasnya ?
Jawaban :
Berdasarkanbahanpenyusunspikulanya, Poriferadibedakanmenjadi :
   Class Calcarea (Calsium Carbonat)
   Class Hexactinellida (Silikat)
   Class Demospongia (Serabut Spongin)

4.      Sebutkanlahbagian-bagian yang ditunjukpadagambar di bawahini !

1
3

2

4



Jawaban :
1)      Oskulum
2)      Spongocel (atrium)
3)      Selpori (ostia)
4)      Koanositbersilia

5.      Sebutkanurutanaliran air padatipe :
a.       Askon              : Tipesaluran air porifera paling sederhana, Dari ostium air melaluisaluranmenujuronggaberkoanositspongocoeldankeluarmelaluioskulum

b.      Sikon               :Air masuk melalui pori menuju ke saluran radial yang berdinding koanosit menuju ke spongocoel & keluar melalui oskulum.

c.       Leukon            : Tipe paling kompleks yang ditandaidenganrongga – ronggakecilberkoanosit, Ostia dihubungkandengansaluran yang bercabang – cabangkerongga – ronggaberkoanosit

6.      Sebutkanciri-ciriumumPorifera !
a.       Tubuhnya berpori-pori
b.      Lapisan tubuh diploblastik
c.       Reproduksi seksual dan aseksual
d.      Struktur tubuh radial simetris
e.       Memiliki bentuk dan warna bervariasi

7.      Sebutkanperananporifera !
Jawaban :
         Hiasan
         Bahanpembuatspon
         Obatkanker
         Membersihkan/memakansisa – sisabahanorganik
         Penyusunbiodiversitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar